top of page

Tari Kelangan dari ISBI Bandung

Memukau Penonton dalam Festival Kebudayaan & Pameran Edukatif untuk Perdamaian

Minggu, 12 Oktober 2012 Istora Senayan Jakarta gegap gempita dengan hadirnya ribuan orang menghadiri Festival Kebudayaan dan Pameran Edukatif untuk perdamaian yang diselenggarakan oleh Soka Gakkai Indonesia. Delapan belas sajian kesenian yang dikemas apik dalam waktu satu jam setengah itu menimbulkan kekaguman seluruh penonton yang hadir. Delegasi Institut Seni Indonesia Bandung yang berkesempatan menampilkan “Tari Kelangan” yang disajikan oleh empat puluh oreng penari mendapat sambutan meriah dari penonton. Koreografi yang disusun oleh Prof. Dr. Endang Caturwati, S.S.T., M.S dan komposisi musiknya yang digarap Dr. M. Yusuf Wiradiredja, S.Kar. M.Hum mengundang decak kagum hadirin. Termasuk para menteri yang hadir. Gerakan dinamis yang diungkapkan ditunjang oleh busana yang ditata indah dengan warna kebaya ungu berenda perak yang dipadu sinjang warna putih berbalut batik menimbulkan kesan elegant. Tempat yang begitu luas terisi dengan pola lantai yang bervariasi.

Tarian ini tampil perdana setelah Institut Seni Indonesia Bandung diresmikan Presiden tanggal 6 Oktober 2014 beberapa waktu lalu. Selain ISBI Bandung tampil 17 kelompok seni yang lain yang terdiri dari Grup Pinkan Indonesia yang menyajikan music kolintang, Paduan suara Divisi Bapak dan Ibu Soka Gakkai Indonesia, Grup Angklung Bugenvil, Gerak Tari oleh Divisi anak, Tari Merak oleh Divisi Ibu, Tari Betawi oleh Lembaga Kebudayaan Betawi, Tari Kreasi Nusantara, Drama Tari dari Yogyakarta, Tari Nusantara oleh Soka Gakkai Bintan, Rampak Beduk yang diberi judul Genderang langit oleh Divisi pelajar, Dinamic Dance oleh Divisi Pemudi, Kumitaisho oleh Divisi Pemuda dan tari Kipas oleh Divisi Bapak. Yang menarik adalah berbagai kelompok Soka Gakkai Indonesia dari berbagai daerah terlibat dalam sajian tersebut mulai dari anak yang peling muda berumur 5 tahun sampai kakek yang paling tua 72 tahun.

Acara tersebut dihadiri oleh tamu-tamu kehormatan yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta Ibu, Menteri Pertahanan beserta Ibu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak beserta Bapak Agum Gumelar, Ibu Nuriah, Jajaran Pemerintahan DKI Jakarta, dan lain-lain. Soka Gakkai bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kemeneterian Agama RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pinkan Indonesia, KCI, Pemerintah Provinsi DKI, Lembaga Kebudayaan Betawi Kawan Indonesia dan Insitut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.(eha)

Last Updated ( Tuesday, 21 October 2014 )

sumber : http://www.stsi-bdg.ac.id/ind1/index.php?option=com_content&task=view&id=294&Itemid=261


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page